Sunday, August 14, 2016

Hydraulic Powersteering (HPS)

Hydraulic Powersteering (HPS)

Sistem kemudi ini memiliki sebuah booster hidraulis dibagian tengah mekanisme kemudi agar kemudi menjadi lebih ringan. Dalam keadaan normal beratnya putaran roda kemudi adalah 2-4 kg. Sistem power steering direncanakan untuk mengurangi usaha pengemudian bila kendaraan bergerak pada putaran rendah dan menyesuaikan pada tingkat kecepatan tertentu.

Cara Kerja Power Steering :
a. Posisi netral
Minyak dari pompa dialirkan ke katup pengontrol ( control valve ). Semua minyak akan mengalir melalui katup pengontrol ke saluran pembebas ( relief port ) dan kembali ke pompa. Pada saat ini tidak terbentuk tekanan dan arena tekanan kedua sisi sama, torak tidak bergerak.

b. Pada saat membelok
Pada saat poros utama kemudi (steeringmain shaft) diputar ke salah satu arah, katup pengontrol juga akan bergerak menutup salah satu saluran minyak. Saluran yang lain akan terbuka dan akan terjadi perubahan volume aliran minyak dan akhirnya terbentuk tekanan. Pada kedua sisi torak akan terjadi perbedaan tekanan dan torak akan bergerak ke sisi yang bertekanan rendah sehingga minyak yang berada dalam ruangan tersebut akan dikembalikan ke pompa melalui katup pengontrol.
  • Komponen HPS

1. Vane Pump
Vane pump (pompa) adalah bagian utama dari system power steering berfungsi menghasilkan tekanan tinggi dan debit yang besar. Vane pump juga berfungsi untuk mengatur jumlah aliran fluida yang diperlukan sesuai dengan putaran mesin,

2. Gear Housing
Merupakan rumah tempat roda gigi Kemudi
 
3. Power Silinder 
adalah tempat piston bekerja menggerakkan roda gigi kemudi (steering Gear)






www.berkahmottecar.com


No comments:

Post a Comment